Indikator
  • Undercontruction

Penuhi Kebetuhan Lebaran, Warga Mulai Gadaikan Perhiasan

Home / Peristiwa / Penuhi Kebetuhan Lebaran, Warga Mulai Gadaikan Perhiasan
Penuhi Kebetuhan Lebaran, Warga Mulai Gadaikan Perhiasan Warga memenuhi Kantor Pegadaian di Jalan RA Kartini, Banyuwangi, Jumat (9/6/2017). (Foto: Romi S/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Jelang hari raya Idul Fitri, Kantor Pegadaian ramai diserbu warga Banyuwangi yang mengadaikan perhiasan atau barang berharga lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh Sugiati, warga Kelurahan Kepatihan, Banyuwangi yang mendatangi Kantor Pegadaian di Jalan RA Kartini, Banyuwangi, Jawa Timur. Ia menggadaikan kalung emas seberat 5 gram guna memenuhi keperluan lebaran yang semakin dekat.

"Saya gadaikan kalung saya dapat dua juta untuk beli baju lebaran dan jajan," kata Sugiati, Jumat (9/5/2017).

Sugiarti tidak sedirian, masih banyak warga lain yang mengadaikan perhiasan agar bisa belanja kebutuhan lebaran.

Kepala Cabang Pegadaian Banyuwangi Supardi mengatakan, sejak 15 hari sebelum puasa, warga yang datang ke Kantor Pegadaian sudah terlihat bergeliat.

"Ini adalah tren tahunan dan setiap tahun ya seperti ini," ujarnya.

Diakui dibandingkan bulan sebelumnya, kenaikan transaksi gadai di tempatnya meningkat hingga 40 persen. Perilaku rutin konsumen, yang mayoritas untuk memenuhi kebutuhan yang sangat besar saat hari raya Idul Fitri.

"Orang yang pinjam awal ramadhan itu, adalah warga yang berdagang musiman. Seperti jual, takjil, sayur, dan menu menu buka puasa, gadaikan untuk modal usaha, mungkin sebulan sudah di kembalikan lagi," terangnya.

Dari catatan Pegadaian Banyuwangi, sebanyak 99 barang yang digadaikan di tempatnya adalah berupa emas, sisanya elektonik. Hingga saat ini yang masih tersimpan dalam brangkas sebanyak 7400 lebih barang gadai.

"Kalau saat ini, untuk emas 24 karat per gramnya kalau digadaikan bisa mendapat uang kisaran Rp 480 ribu. Jangka waktu maksimalnya 4 bulan" ucapnya. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com