Indikator
  • Undercontruction

Ini Alasan Mengapa Bertambah Gemuk Saat Merayakan Lebaran

Home / Gaya Hidup / Ini Alasan Mengapa Bertambah Gemuk Saat Merayakan Lebaran
Ini Alasan Mengapa Bertambah Gemuk Saat Merayakan Lebaran ILUSTRASI. (Foto: Tampil Cantik)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Kebanyakan orang menilai usai menjalankan sebulan puasa dapat menurunkan berat badan. Namun, ternyata hal itu sering tak bertahan lama, bahkan bisa jadi bertambah gemuk dibandingkan sebelumnya. 

Kajian TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) dari berbagai sumber, ternyata salah satu penyebab gagal menjaga berat badan ialah merasa laparan secara terus menerus atau berlebihan. Terutama dengan aneka menu makanan yang tentunya menggugah selera di suasana lebaran.

Menurut sebuah uji klinis terhadap penderita obesitas, kelaparan membuat seseorang menyantap 100 kalori lebih banyak setiap harinya. 

Hal ini dibuktikan ahli nutrisi, Dr Tim Crowe, yang melakukan uji klinis terhadap pasien penderita diabetes dengan memberi beberapa orang diberi obat bernama canagliflozin. Canagliflozin merupakan yang membuat ginjal mengeluarkan lebih banyak glukosa, yang juga memiliki efek samping yang menguntungkan untuk menurunkan berat badan.

Hasilnya, para penderita obesitas yang diberi canagliflozin yang kehilangan banyak glukosa menjadi lebih mudah lapar dibanding biasanya. Namun, kelaparan itu membuat penderita menyantap 100 kalori lebih banyak tiap hari untuk setiap kilogram berat yang hilang dari tubuhnya.

“Perasaan kelaparan membuat metabolisme berjalan tiga kali lebih lambat, sehingga lebih membuat tubuh kembali gemuk. Karena itu, tubuh yang banyak kehilangan berat badan akan membuat sistem metabolisme diri kita memenuhi kehilangan berat badan tersebut," kata Crowe.

Crowe menyebutkan solusi untuk mengatasi ini, ialah membiasakan makan secukupnya, sesuai kebutuhan tubuh, bukan berlebih. Sebab, rasa lapar merupakan cermin kebutuhan fisik akan makanan, yang sebaiknya tidak diabaikan. 

Namun, yang perlu dicermati yakni membedakan rasa lapar karena tuntutan tubuh, atau sekedar keinginan lidah untuk mengunyah. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com