Indikator
  • Undercontruction
Selamat Hari Raya Idul Fitri

Inilah Makna Idul Fitri

Home / Peristiwa - Nasional / Inilah Makna Idul Fitri
Inilah Makna Idul Fitri ILUSTRASI: Halal bi Halal (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Idul Fitri memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan yang akan dicapai dari kewajiban berpuasa itu sendiri yaitu manusia yang bertaqwa.

Kajian Litbang TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), kata “Id” berdasar dari akar kata “aada”– “yauudu” yang artinya kembali. Sedangkan “fitri” bisa berarti buka puasa untuk makan dan bisa berarti suci.

Adapun fitri yang berarti buka puasa berdasarkan akar kata ifthar (sighat mashdar dari aftharo – yufthiru) dan berdasar hadis Rasulullah SAW yang artinya : ”Dari Anas bin Malik: Tak sekali pun Nabi Muhammad SAW. Pergi (untuk shalat) pada hari raya Idul Fitritanpa makan beberapa kurma sebelumnya."

Sementara itu, dalam Riwayat lain disebutkan, bahwa: "Nabi SAW. Makan kurma dalam jumlah ganjil." (HR Bukhari).

Dengan demikian, makna Idul Fitri berdasarkan uraian di atas adalah hari raya dimana umat Islam untuk kembali berbuka atau makan. Oleh karena itu, salah satu sunah sebelum melaksanakan shalat Idul Fitria dalah makan atau minum walaupun sedikit.

Hal tersebut untuk menunjukkan bahwa hari raya Idul Fitri 1 syawal itu waktunya berbuka dan haram untuk berpuasa.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com