Indikator
  • Undercontruction

Ketika Bupati Anas Sampaikan Khotbah Shalat Idul Fitri

Home / Peristiwa / Ketika Bupati Anas Sampaikan Khotbah Shalat Idul Fitri
Ketika Bupati Anas Sampaikan Khotbah Shalat Idul Fitri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menjadi khatib Shalat Idul Fitri di masjid di komplek Pesantren Mabadiul Ihsan (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Seperti juga umat muslim di Indonesia pada umumnya saat Hari Raya Idul Fitri, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga pulang ke kampung halamannya, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Namun kali ini, bupati berusia 43 tahun itu didapuk menjadi khatib Shalat Idul Fitri di masjid yang berada di komplek Pesantren Mabadiul Ihsan yang tak lain adalah pesantren peninggalan ayahandanya, Muhammad Musayyidi.

"Puasa tidak hanya mengajarkan kita untuk sekadar menahan haus dan lapar. Tapi, untuk melatih kepedulian sosial kita kepada sesama yang kurang beruntung," papar Anas dalam khotbahnya, Minggu (25/6/2017).

Kepedulian terhadap sesama, lanjut Anas, menjadi kunci penting untuk mensejahterakan masyarakat Banyuwangi. Untuk menekan angka kemiskinan di Banyuwangi, misalnya, tidak cukup hanya mengandalkan kerja pemerintah semata. Tapi, harus diemban bersama dengan melibatkan berbagai pihak.

"Dengan kebersamaan dan saling peduli satu sama lain, maka akan menjadi modal penting bagi kesejahteraan daerah kita tercinta ini," tuturnya.

Anas juga menekankan pentingnya menjaga kekompakan di antara warga. Anas yang juga menjadi pemangku pesantren itu tak lupa berpesan agar jamaah jangan sampai terpecah-belah.

"Kita akhir-akhir ini melihat potensi pembelahan sosial di kalangan warga karena dampak Pilkada DKI Jakarta yang imbasnya hingga ke daerah-daerah. Kita tidak usah ikut-ikutan, yang penting warga Banyuwangi selalu saling menghormati perbedaan," ujar Anas.

Selama di kampung halamannya, Bupati Anas menggelar open house bagi tetangga dan masyarakat Banyuwangi. Pada hari pertama Lebaran ini. Open house akan dibuka mulai pagi hingga sore hari, yang akan dilanjutkan di malam hari dan di hari kedua Lebaran (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com