Indikator
  • Undercontruction

Kemenhub Siap Laksanakan Pembangunan Bandara Blimbingsari

Home / Peristiwa - Daerah / Kemenhub Siap Laksanakan Pembangunan Bandara Blimbingsari
Kemenhub Siap Laksanakan Pembangunan Bandara Blimbingsari Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso (kanan) dan Kepala Bandara Blimbingsari Banyuwangi Dodi D Cahyadi (Foto : Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – PT Angkasa Pura (AP) II yang telah ditetapkan jadi pengelola Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Jawa Timur, berencana membangun dan menambah landasan dan apron atau area parkir pesawat di Bandara kebanggan masyarakat Bumi Blambangan.

Hal itu dilakukan sebagai persiapan digelarnya Konferensi Bank Dunia atau International Monetary Fund (IMF) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Pulau Bali pada Oktober 2018 mendatang, dimana Bandara Blimbingsari akan menyediakan area parkir pesawat tamu konferensi dari luar negeri.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Agus Santoso mengatakan, bila tidak dilakukan segera, pihaknya siap melaksanakan rencana pembangunan tersebut, sehingga landasan dan apron Bandara Blimbingsari siap saat dibutuhkan nanti.

"Akan dibicarakan nanti siang apakah AP II akan join mulai sekarang atau tahun depan. Nah kalau AP II agak delay joinnya, kita support programnya Bupati Banyuwangi di tahun 2018 itu supaya Blimbingsari bisa didarati pesawat-pesawat jet NG generation," kata Agus di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (12/8/2017).

Kini luas apron Bandara Blimbingsari 20 ribu meter persegi dan hanya mampu memarkirkan 2 pesawat Boeing 737-500, akan ditambah sehingga mampu ditempati 9 pesawat jenis Next Generation (NG) seperti Boeing 737-800 dan Boeing 737-900. Pesawat jenis NG merupakan pesawat-pesawat berbadan lebar sehingga kekuatan pavement landasan juga akan ditambah menjadi 45 pavement classification number (PVC).

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah mendukung pembangunan Bandara Blimbingsari hingga berkembang dan kini jumlah penumpangnya terus meningkat.

Anas mengatakan, momen konferensi internasional ini akan dimanfaatkan untuk kemajuan Banyuwangi, khususnya dalam pengembangan bandara.

"Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih karena dukungan yang sangat besar pada pembangunan daerah, termasuk kunjungan Menteri Perhubungan beberapa waktu lalu dan sekarang ditindak lanjuti Pak Dirjen. Beliau kemari dalam rangka mempersiapkan World Bank International Conference 2018. Artinya akan ada percepatan pembangunan bandara dari perencanaan sebelumnya. Ini adalah bentuk kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang sangat produktif," kata Anas.

Secara terpisah, Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya menargetkan penambahan luas apron dan PCN bandara maksimal sebelum Januari 2018.

Dia juga menargetkan pembangunan akan selesai Agustus tahun 2018 sehingga bisa membantu Bandara Internasional Ngurah Rai menyediakan lahan aopron atau parkir untuk peawat tamu peserta konferensi internasional itu.

"Paling lambat mulai sebelum Januari tahun depan, target pembangunan selesai Agustus tahun depan," kata Awalludin di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (12/8/2017). (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com