Indikator
  • Undercontruction
Kang & Mbak Santri

Yuk! Ikutan Pemilihan Kang & Mbak Santri Banyuwangi

Home / Peristiwa / Yuk! Ikutan Pemilihan Kang & Mbak Santri Banyuwangi
Yuk! Ikutan Pemilihan Kang & Mbak Santri Banyuwangi Pemilihan Kang & Mbak Santri, yang digelar oleh RMI Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Berbagai usaha dilakukan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Banyuwangi, Jawa Timur, guna mendorong kapasitas santri dan santriwati. Yang terbaru, asosiasi Pondok Pesantren di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) ini menggelar pemilihan ‘Kang & Mbak Santri’.

Nantinya, juara terpilih akan didaulat menjadi Duta Pesantren di Bumi Blambangan. Termasuk menjadi Duta Pesantren dalam mendukung program Pemerintah Daerah. Salah satunya menjadi pendorong kemajuan sektor pariwisata syariah.

Bagaimana, anda tertarik menjadi peserta?

Untuk menjadi peserta pemilihan ‘Kang & Mbak Santri’, anda cukup mendaftarkan diri ke kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, di Jalan Ahmad Yani, No 59, Kelurahan Tukangkayu, Banyuwangi, mulai tanggal 1 sampai 16 September 2017.

Kang-Mbak-Santri-2MUizC.jpgPemilihan Kang & Mbak Santri, yang digelar oleh RMI Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

Dalam formulir, calon peserta akan diberi lima pilihan terkait kemampuan khusus yang dimiliki. Yakni, Qir’ah atau Taghoni, kedua Hafidzul Qur’an, Imrity atau Alfiyah.

Pilihan ketiga adalah Pidato Bahasa Asing. Bisa bahasa Arab, Inggris dan Mandarin. Keempat ada pencak silat dan yang terakhir keahlian baca Kitab Kuning.

Selanjutnya, seluruh pendaftar akan diseleksi oleh pihak panitia, hingga terpilih 30 peserta. Yang terdiri dari 15 santri putra atau Kang dan 15 santri putri atau mbak.

Tahapan seleksi ini, akan dilakukan dengan metode tes tulis, dengan materi meliputi, pengetahuan keislaman (20 persen), keaswajaan (20 persen), ke-NU-an (20 persen), wawasan kebangsaan (20 persen) dan sejarah dan tradisi Banyuwangi (20 persen). Tahapan ini dilaksanakan pada Minggu 17 September 2017, pukul 13.00 sampai 14.00 WIB di aula Pondok Pesantren Bustanul Makmur, Desa Kebunrejo, Kecamatan Genteng.

“Soal tes disiapkan oleh panitia dengan pertimbangan dari dewan juri serta dibuat dengan penuh kerahasian. Untuk seleksi, penilaian merupakan akumulasi dari dua unsur, yakni hasil tes tulis dengan proporsi penilaian 70 persen dan curiculum vite peserta yang dinilai oleh tim juri dengan proporsi 30 persen. Dari perpaduan penilaian tersebut, akan ditentukan berdasarkan jumlah poin secara berurutan dari yang terbesar hingga terkecil,” jelas Ketua RMI Banyuwangi, KH Ahmad Munib Syafa’at, LC, M.E.I, Selasa (12/9/2017).

Untuk babak final akan digeber pada Minggu, 24 September 2017, di Sun East Mall, Genteng.

Ayo buruan ikut pemilihan ‘Kang & Mbak Santri’ 2017 yang digelar RMI Banyuwangi, ini. Segera daftar dan buktikan bahwa menjadi santri itu memang keren. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com