Indikator
  • Undercontruction

Zurippa Indonesia, Sandal Anyam Cantik dari Kain Sisa Pabrik

Home / Ekonomi / Zurippa Indonesia, Sandal Anyam Cantik dari Kain Sisa Pabrik
Zurippa Indonesia, Sandal Anyam Cantik dari Kain Sisa Pabrik Sofia Ekawati dan Sisse Paloma menunjukkan sandal Zurippa Indonesia produksi mereka. Sandal rumah ini terbilang unik karena terbuat dari sampah tekstil. (Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, SURABAYA – Sampah tekstil bisa menghasilkan barang yang bermanfaat. Salah satunya sandal cantik dengan anyaman kain sisa pabrik kaya akan ragam dan corak warna. Beraneka tekstur kain dikombinasi sehingga memiliki nilai seni dan keunikan tersendiri.

Usaha milik Sofia Ekawati dan Sisse Paloma ini dimulai sejak 2016 lalu. Berawal dari kunjungan ke pengepul kain sisa pabrik garmen atau produsen sprei timbul ide untuk membuat sesuatu dari sampah tekstil ini.

Ide membuat sandal lahir dari kegemaran sebagian masyarakat Indonesia maupun mancanegara memakai sandal dalam rumah.

"Dan belum ada sandal dalam rumah yang cukup mempunyai nilai estetika sebagai salah satu penunjang interior dalam rumah selain dari fungsi kenyamanan itu sendiri," ujar Sofia, Sabtu (28/10/2017).

sandal-Zurippa-2Z1hJy.jpg

Sandal dengan merek Zurippa tersebut mengandalkan teknik penganyaman yang dikerjakan oleh ibu - ibu sekitar rumah, di bilangan Citraland Surabaya Barat. Mereka dilatih untuk mempelajari teknik anyaman yang sama sekali baru, menganyam sandal sisi kanan dan kiri secara presisi baik dari segi ukuran, ketebalan, kerapian, dan kekuatan.

"Pastilah tidak mudah, butuh ketelatenan, kesabaran yang penuh dalam proses pembuatannya," imbuh Sisse Paloma.

Tidak kalah sulitnya kombinasi dari kain alas dan kain penjapit yang pastinya membutuhkan cita rasa seni dan kejelian mixed and match.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com