Indikator
  • Undercontruction

Pelaksanaan UN 2018 akan Diikuti 8,1 juta Peserta

Home / Pendidikan / Pelaksanaan UN 2018 akan Diikuti 8,1 juta Peserta
Pelaksanaan UN 2018 akan Diikuti 8,1 juta Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyatakan Ujian Nasional (UN) 2018 akan diikuti sekitar 8,1 juta peserta didik.

Peserta UN tersebut berasal dari 95.780 satuan pendidikan dari berbagai jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat, Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat dan pendidikan kesetaraan.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 78 persen peserta didik siap mengikuti UN berbasis komputer (UNBK) dan sisanya UN berbasis kertas pensil (UNKP)," kata Kepala Balitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno, dalam pernyataan resminya di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Jumlah peserta didik yang akan mengikuti UNBK pada 2018 sebanyak 6.293.552 peserta atau meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 3,7 juta peserta didik.

Pada UN 2017, persentase peserta didik yang mengikuti UNBK sebanyak 65,4 persen dan UNKP sebanyak 34,6 persen.

Dia menjelaskan sejumlah provinsi yang siap menyelenggarakan 100 persen UNBK pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yaitu Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah.

Sementara, pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), provinsi yang siap menyelenggarakan 100 persen UNBK di antaranya Aceh, Banten, Bangka Belitung, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Kemudian, provinsi yang siap menyelenggarakan 100 persen UNBK pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di antaranya provinsi DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

"Kami memuji peran serta pemerintah daerah dalam penyelenggaraan ujian nasional tahun ini," ujar Totok. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com