KH Ma'ruf Amin Klaim Penurunan Angka Stunting Turun 7 Persen

Home / Berita / KH Ma'ruf Amin Klaim Penurunan Angka Stunting Turun 7 Persen
KH Ma'ruf Amin Klaim Penurunan Angka Stunting Turun 7 Persen Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin menyatakan, pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla telah berhasil menurunkan angka stunting (gizi buruk) sampai tujuh persen saat debat Cawapres, di Hotel Sultan, Jakarta.

"Jadi yang oleh pemerintahan Jokowi-JK telah diturunkan sampai tujuh persen dan kami berjanji akan menurunkan dalam lima tahun yang akan datang sampai sepuluh persen sehingga sampai pada titik dua puluh persen," ujar KH Ma'ruf Amin.

Hasil Cek Fakta TIMES Indonesia, data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia pada 22 November 2018, menyebutkan, bahwa prevalensi Balita stunting turun 6,4 persen dari 37,2 persen pada tahun 2013 menjadi 30.8 persen pada tahun 2018. 

Dikutip dari Suara.com (media partner TIMES Indonesia), Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek menyatakan, meski angka stunting turun 6,4 persen, namun ia berujar bahwa jumlah tersebut masih cukup tinggi. Untuk itu kedepan Menkes RI berharap edukasi seputar pentingnya 1000 hari kehidupan untuk mencegah stunting lebih digalakkan.

"1000 hari pertama kehidupan sangat penting dari kehamilan sampai bayi dua tahun merupakan titik krusial untuk mencegah balita stunting. Stunting juga masih terkorelasi dengan penyakit tidak menular, jadi kita harus mencegahnya," ujar Menkes RI Nila beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data yang ada, klaim cawapres KH Ma'ruf Amin soal penurunan angka stunting 7 persen selama pemeritahan Jokowi-Jusuf Kalla ini adalah BENAR. TIMES Indonesia, merupakan satu dari belasan media online anggota Cek Fakta. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com