Goodbye Stasiun Karangasem! Selamat Datang Stasiun Banyuwangi Kota

Home / Berita / Goodbye Stasiun Karangasem! Selamat Datang Stasiun Banyuwangi Kota
Goodbye Stasiun Karangasem! Selamat Datang Stasiun Banyuwangi Kota Pertemuan PT. KAI Daop 9 Jember dan Pemkab Banyuwangi Menyepakati Pergantian Nama Stasiun Karangasem Menjadi Stasiun Banyuwangi Kota di Lounge Pelayanan Publik (Foto : Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Tidak lama lagi Stasiun Karangasem di Banyuwangi, Jawa Timur akan berganti nama stasiun Banyuwangi Kota pada awal Desember 2019 mendatang.
 
Perubahan nama ini disepakati setelah Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bertemu dengan PT. Kereta Api Indonesia Daerah operasi (Daop) 9 Jember di Lounge Pemkab Banyuwangi pada hari selasa tanggal 23 Juli 2019 kemarin.

"Pada Bulan Maret lalu, Pemkab Banyuwangi mengajukan pergantian nama Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota kepada Daop 9 Jember. Setelah dilakukan rapat internal, akhirnya Direksi menyetujui perubahan nama tersebut," kata Lukman Arief, Humas PT. KAI Daop 9 Jember, Rabu (24/07/2019).

Dasar perubahan nama tersebut, kata Lukman, guna mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Banyuwangi. Sebab, selama ini masih banyak masyarakat dari luar Banyuwangi  yang kebingungan sehingga mereka turun di Stasiun Banyuwangi Baru Ketapang.

"Banyak yang bingung, akhirnya banyak yang turun di Stasiun Banyuwangi Baru. Padahal mereka inginnya ke Banyuwangi Kota," paparnya.

Stasiun-Karangasem-Menjadi-Stasiun-Banyuwangi-2.jpg

Pergantian nama ini, lanjut Lukman, baru akan diresmikan pada Bulan Desember mendatang bersamaan dengan pergantian nama Stasiun Banyuwangi Baru menjadi Stasiun Ketapang. "Ini sekaligus dengan perubahan grafik perjalanan baru, mengingat kedua stasiun tersebut sudah berganti nama," paparnya.

Sementara Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Ali Ruci menyampaikan bahwa Banyuwangi sudah dikenal masyarakat dunia akan destinasi wisatanya, khususnya Kawah Ijen dengan blue-fire nya. 

Dengan demikian, maka Stasiun terdekat sebagai akses pintu masuk menuju Kawah Ijen juga harus menjadi salah satu destinasi wisata. "Hal inilah yang kemudian menjadi alasan kita untuk mengganti nama Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota," ungkapnya.

Tentu untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan pembenahan-pembenahan, baik design Stasiun maupun infrastruktur penunjang.

"Rencananya dalam P-A-K (Perubahan Alokasi Keuangan) kita usulkan untuk perluasan jalan menuju Stasiun. Juga penambahan fasilitas pendukung lainnya," jelasnya.

Sementara untuk design bangunan stasiun, kata Ali Ruchi, PT. KAI Daop 9 Jember sudah membuat design yang disesuaikan kearifan lokal. "Untuk anggaran dan pelaksanaanya menjadi kewenangan PT. KAI, kita hanya menyiapkan infrastruktur penunjangnya," tambahnya.

Ali Ruchi berharap perubahan nama Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota dapat berbanding lurus dengan kunjungan wistawan ke Kota Gandrung, Banyuwangi, Jawa Timur. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com