5 Tips Mudah Mengatasi Susah Tidur

Home / Gaya Hidup / 5 Tips Mudah Mengatasi Susah Tidur
5 Tips Mudah Mengatasi Susah Tidur ILUSTRASI - Susah Tidur. (FOTO: Shutterstock)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTASusah tidur bisa membuat seseorang frustrasi, terlebih jika sudah memasuki waktu tidur. Susah tidur membuat seseorang memiliki waktu terbatas untuk tidur. Tidur yang tidak memadai dan kualitas tidur yang buruk akan mempengaruhi setiap sistem organ tubuh.

Tidak mendapatkan kualitas tidur dapat menimbulkan gangguan di dalam tubuh Anda. Lalu bagaimana agar seseorang memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah tidur.

1. Minum Suplemen

Suplemen octacosanol telah terbukti aman pada manusia menurut periset, dan stres bisa menjadi faktor utama yang menghambat tidur. Jadi para periset percaya octacosanol dapat digunakan sebagai terapi yang efektif untuk orang yang menderita insomnia akibat stres. Ini juga ditemukan pada makanan lain, termasuk dedak padi, bibit gandum, dan lilin lebah (sarang lebah).

2. Minum Susu

Minumlah segelas susu hangat sebelum tidur. Susu mengandung protein ?-laktalbumin. Protein ini mengandung triptofan asam amino dalam jumlah tinggi, yang menghasilkan melatonin, hormon yang menginduksi tidur. Studi menunjukkan bahwa diet kaya triptofan (termasuk putih telur dan biji labu) dapat membantu memperbaiki tidur. Kalsium susu juga memberi manfaat penyerapan triptofan ke otak.

3. Tidur pada Waktunya

Jika Anda pernah berbaring di tempat tidur tapi tidak dapat tidur, tandanya Anda telah mengalami apa yang oleh para periset disebut, yaitu gairah terkondisikan, yang disebabkan karena melakukan hal-hal di tempat tidur sehingga membuat Anda tetap terjaga, misalnya memeriksa email kerja di smartphone Anda.

4. Tidur dengan Suhu Dingin

Studi telah menunjukkan bahwa tidur di tempat lebih dingin adalah yang terbaik untuk tidur. Untuk manfaat optimal, atur termostat (alat pengatur suhu) Anda antara 60 sampai 68 derajat Fahrenheit. Ini membantu menurunkan suhu inti tubuh Anda, dan memicu proses untuk memulai tidur.

5. Meditasi

Terkadang otak Anda membutuhkan sedikit bantuan dan bimbingan untuk tertidur, dan meditasi adalah tren tidur yang berkembang dan benar-benar bekerja. Sebuah studi tahun 2015 di JAMA menemukan bahwa meditasi kesadaran membantu memperbaiki kualitas tidur pada orang dewasa yang lebih tua dengan mengurangi kekhawatiran dan gangguan suasana hati. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com