Cara Efektif Menetralisir Paparan Asap Rokok yang Membahayakan Kehamilan

Home / Gaya Hidup / Cara Efektif Menetralisir Paparan Asap Rokok yang Membahayakan Kehamilan
Cara Efektif Menetralisir Paparan Asap Rokok yang Membahayakan Kehamilan Terkena paparan asap rokok saat hamil. (FOTO: SehatFresh.Com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Terpapar asap rokok saat hamil bisa menimbulkan dampak buruk untuk kehamilan, baik bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Untuk dapat mencegah dampak buruk dari paparan asap rokok tersebut maka perlu adanya cara menetralisir asap rokok bagi ibu hamil. Bagaimana caranya?

Dilansir dari hamil.co.id, berikut 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk menetralisir asap rokok.

1. Menghentikan sumber asap rokok

Hal pertama yang harus dilakukan dalam cara menetralisir asap rokok bagi ibu hamil adalah dengan menghentikan terlebih dahulu sumber asap rokok yang memapar ibu hamil tersebut. Paparan asap rokok biasanya berasal dari suami yang merokok di dalam rumah. Untuk menghentikan sumber asap rokok tersebut maka perlu adanya kesedaran dari suami untuk sementara tidak merokok di dalam rumah atau di depan ibu hamil karena adanya dampak bahaya asap rokok untuk ibu hamil dan janin.

2. Menjaga kondisi kesehatan ibu hamil

Langkah adalah dengan menjaga kondisi kesehatan tubuh ibu hamil dan memastikan sistem kekebalan tubuh yang dimilikinya dalam kondisi yang optimal. Dengan kondisi tubuh yang sehat dan terjaga dengan baik maka paparan asap rokok tidak dapat memberikan dampak yang buruk bagi janin di dalam kandungan.

3. Memperbanyak konsumsi air putih

Untuk dapat menghilangkan racun dari asap rokok yang sudah masuk dalam tubuh ibu hamil maka cara yang juga cukup sederhana adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Konsumsi air putih yang banyak mampu membantu menghilangkan nikotin di dalam tubuh ibu hamil dan tetap menjaga hidrasinya. Air putih yang banyak dikonsumsi juga mampu menjaga kelembaban dari paru paru sehingga dapat berfungsi secara normal.

4. Mengonsumsi bayam

Bayam memiliki kandungan vitamin A dan flavonoid yang dapat mencegah tubuh dari kondisi kanker paru paru. Zat besi yang terdapat di dalam bayam juga dapat membantu menjaga kesehatan paru paru yang pastinya akan memiliki dampak paling besar dari adanya asap rokok di dalam tubuh ibu hamil.

5. Konsumsi bawang putih

Bawang putih sudah dikenal lama mampu menjaga kondisi kesehatan paru paru. Sistein asam amino yang terdapat di dalam bawang putih mampu membantu mencegah terjadinya infeksi pernafasan, Kandungan antioksidan yang terdapat pada bawang putih juga dapat mencegah terjadinya kanker paru paru. Selain bawang putih, jahe juga dapat dikonsumsi dalam membantu menetralisir asap rokok bagi ibu hamil.

6. Latihan pernafasan

Cara menetralisir asap rokok bagi ibu hamil selanjutnya adalah dengan melakukan aktivitas latihan pernafasan. Latihan pernafasan membantu menjaga kondisi paru paru dalam keadaan yang sehat, meningkatkan kapasitas paru paru yang menghantarkan oksigen keseluruh tubuh lebih banyak. Latihan pernafasan diperlukan untuk selalu menjaga kualitas dari asi yang diberikan kepada bayi.

Itulah cara menetralisir paparan asap rokok bagi ibu hamil. Proses netralisir tersebut harus dilakukan secara berkala untuk memastikan tidak adanya asap rokok berbahaya yang dapat memberikan dampak buruk pada tubuh. Ibu hamil harus benar-benar menjauhkan diri dari bahaya asap rokok dilingkungannya karena adanya beberapa resiko berbahaya bagi kehamilan yang perlu diperhatikan dengan baik. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com