8 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Home / Gaya Hidup / 8 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan
8 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Buah Jambu Biji. (FOTO: hellosehat.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTAJambu biji termasuk buah yang memiliki nutrisi tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bagian jambu biji yang bisa bermanfaat adalah daun serta daging buahnya. Apa saja manfaat jambu biji yang bisa kita dapatkan?

Dilansir dari Boldsky, berikut manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Antioksidan dan vitamin dalam jambu biji dapat melindungi jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, serat larut dan kalium dalam jambu biji juga berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam jambu biji dapat membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Buah ini juga rendah kalori yang membuatnya menjadi camilan yang ideal untuk menurunkan berat badan.

3. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan dan mengendalikan kadar gula darah dan resistensi insulin. Studi lain menemukan bahwa minum teh daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan.

4. Mencegah kanker

Antioksidan yang kuat dalam ekstrak jambu biji dan daun jambu biji dapat mencegah radikal bebas dari merusak sel-sel sehat, sehingga mencegah kanker. Khasiat antikanker jambu biji dan daunnya bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Memperkuat kekebalan

Jambu biji adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba jambu biji membantu dalam membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

6. Membantu pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji membantu mencegah sembelit dan membantu buang air besar secara teratur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji menurunkan intensitas dan durasi diare dengan membunuh semua mikroba berbahaya di usus.

7. Meredakan nyeri haid

Ekstrak daun jambu biji memiliki kemampuan untuk menghilangkan kram menstruasi. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengalami menstruasi yang menyakitkan dapat menggunakan 6mg ekstrak daun jambu biji setiap hari, sehingga mengurangi intensitas rasa sakit.

8. Mencegah osteoartritis

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Science and Nutrition, ekstrak daun jambu biji dapat mencegah kerusakan tulang rawan pada osteoartritis. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com