Sering Mengantuk saat Menyetir, Cegah dengan Kiat Ini

Home / Gaya Hidup / Sering Mengantuk saat Menyetir, Cegah dengan Kiat Ini
Sering Mengantuk saat Menyetir, Cegah dengan Kiat Ini ILUSTRASI - Kiat mencegah kantuk saat mengemudi. (FOTO: Shutterstock)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTAMengantuk saat menyetir bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Karena itu sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk tetap menyetir jika mata sudah terasa ngantuk dan lelah. 

Berikut ini berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kantuk saat menyetir.

1. Beristirahat sejenak di rest area

Jika Anda mulai menguap dan mata pun terasa susah untuk terbuka lebar, jangan paksakan diri untuk tetap menyetir. Berhenti dan beristirahatlah di rest area selama beberapa waktu.

Saat tidur di dalam mobil, pastikan mesin telah dalam keadaan mati dan pastikan kecukupan oksigen dengan membuka kaca jendela.

Setelah mendapatkan waktu tidur yang dirasa cukup, lakukan peregangan agar badan tidak lemas dan otak jadi “segar” kembali. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah berjalan kaki mengelilingi rest area selama 10 menit.

2. Makan camilan

Makan camila memang cukup ampuh untuk mengusir rasa kantuk saat berkendara. Namun jangan asal camilan. Yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berkendara adalah kacang-kacangan. Sebab, kadar gula darah dan insulin Anda akan tetap stabil setelah mengonsumsi makanan tersebut.

3. Minum kopi, teh, atau soda rendah gula

Selain camilan, minuman yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah rasa kantuk saat menyetir adalah kopi, teh, dan soda. Meski ketiganya kurang menyehatkan bila dikonsumsi secara berlebih, tapi kafein yang terkandung di dalamnya paling tidak dapat mengusir rasa kantuk selama beberapa jam ke depan.

4. Mengobrol dan putar radio

Saat rasa kantuk menyerang, akan lebih baik bila Anda mengobrol dengan orang-orang lain yang berada di dalam mobil. Selain mengobrol, memutar radio atau musik dengan volume yang cukup keras juga bisa mengalihkan rasa kantuk Anda. Tapi hati-hati, jangan sampai mendengarkan musik justru membuat konsentrasi Anda dalam menyetir terganggu.

5. Buka kaca jendela

Membuka kaca jendela juga bisa meningkatkan kewaspadaan dan mengusir rasa kantuk. Sebab, telinga Anda tidak akan pernah berhenti mendengar suara mobil berjalan.

6. Jangan minum obat sebelum atau saat berkendara

Mengonsumsi obat-obatan, seperti obat antimabuk kendaraan, obat flu, obat alergi, ataupun obat pereda nyeri biasanya akan menimbulkan efek kantuk. Sebab, kondisi yang diatasi obat-obatan tersebut memang membutuhkan istirahat lebih banyak agar cepat sembuh.

Itulah 6 hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rasa mengantuk saat menyetir. Jika kondisi memang sedang tidak fit, jangan paksakan diri untuk menyetir. Mintalah orang lain untuk mengemudi atau bergantian mengemudi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com