Tiga Warga Bondowoso Terindikasi Suspek Antraks

Home / Berita / Tiga Warga Bondowoso Terindikasi Suspek Antraks
Tiga Warga Bondowoso Terindikasi Suspek Antraks Virus Antraks (FOTO: Tribun Jogja)

TIMESBANYUWANGI, BONDOWOSO – Tiga orang warga Kecamatan Tlogosari, Bondowoso, Jawa Timur yang terindikasi suspek antraks diduga tertular melalui tanah desa yang terpapar virus antraks beberapa tahun lalu. 

"Antraks merupakan virus yang bisa hidup di tanah bertahun-tahun. Dugaan kami ketiga orang tersebut suspek antraks karena tanah desa telah terpapar antraks beberapa tahun silam," tutur drh Cendy Herdiawan selaku Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian dan Peternakan Pemkab Bondowoso, Rabu (8/11/2017).

Cendy mengatakan dari hasil pemeriksaan hewan yang ada disekitar rumah ketiga suspek antraks tersebut menunjukkan hasil negatif, "Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tidak ada hewan yang positif antraks. Di Kecamatan Tlogosari juga belum ada kasus hewan terkena antraks," katanya. 

Pernyataan Cendy juga dikuatkan oleh catatan Dinas Pertanian yang menerangkan tidak pernah ada kasus antraks terjadi di Kabupaten Bondowoso.

Untuk memastikan ketiga warga yang diduga suspek antraks dengan gejala mempunyai luka bernanah tak kunjung sembuh, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso, Dinkes Propinsi Jawa Timur dan Disperta Bondowoso telah mengambil sampel spesimen luka dan tanah yang ada dipekarangan ketiga orang tersebut.

Dari data yang berhasil dihimpun, disekitar lokasi rumah ketiga warga diduga suspek antraks terdapat bekas rumah potong hewan yang menurut beberapa warga masih sering digunakan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com