Kota Malang Rawan Bencana

Home / Berita / Kota Malang Rawan Bencana
Kota Malang Rawan Bencana Suasana kegiatan apel siaga bencana Pemerintah Kota Malang (FOTO: Humas Pemkot Malang)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Wakil Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, Kota Malang merupakan salah satu daerah rawan bencana dilihat dari aspek geografis, klimatologis dan demografis. Untuk itu diperlukan kesiapsiagaan semua pihak dalam menghadapi potensi bencana yang ada.

"Letak geografis Kota Malang yang berada di dataran tinggi dengan aliran sungai Brantas, dapat berpotensi menjadi sumber bencana seperti longsor dan banjir," ungkapnya saat memimpin Apel Siaga Bencana Sebagai Antisipasi Musim Hujan Dan Simulasi Bencana di Balai Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (22/11/2017).

Pada kesempatan ini, Sutiaji mengingatkan semua elemen masyarakat untuk terus menerus guna terjalin koordinasi yang baik. 

Ia berharap pada perangkat daerah terkait untuk menyiapkan sarana dan prasarana serta SDM yang memadai, serta kepada segenap camat dan lurah agar mengaktifkan semua pos-pos kebencanaan.

Siaga-Bencana-Malang-31xonL.jpg

"Kita harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dan melaporkan situasi kondisi wilayah masing-masing," pesannya.

Ikut dalam Apel Siaga ini 20 peleton dari TNI, Polresta, komunitas Relawan, satuan tugas SKPD terkait yang berjumlah total 600 peserta. Hadir pada apel Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Malang, Jajaran Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD dan Direktur Perusahaan Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kota Malang.

Siaga-Bencana-Malang-4fcITm.jpg

Setelah apel siaga diadakan simulasi bencana dari BPBD Kota Malang dan berbagai stake holder terkait. Dalam simulasi ini digambarkan kegiatan sehari-hari warga Kota Malang dan dilanjutkan dengan adannya bencana yang menyebabkan siswa-siswi Sekolah Dasar berlarian keluar dan di evakuasi.

Siaga-Bencana-Malang-2P8xZF.jpg

Selain itu juga ada kejadian mobil yang tertimpa pohon tumbang yang di evakuasi oleh tim. Dalam Apel siaga ini juga diserahkan piala lomba Kelurahan Tangguh Tingkat Pratama Provinsi Jawa Timur kepada Wakil Wali Kota Malang.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com