Korem 083 Baladhika Jaya Gelar Operasi Katarak Gratis

Home / Berita / Korem 083 Baladhika Jaya Gelar Operasi Katarak Gratis
Korem 083 Baladhika Jaya Gelar Operasi Katarak Gratis Komandan Korem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Bangun Nawoko bertemu dengan pasien operasi katarak di RST Soepraoen, Kota Malang, Rabu (6/12/2017). (FOTO: Penrem 083/BDJ for TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Korem 083/Baladhika Jaya (BDJ) menggelar operasi katarak bagi 1.000 pasien. Program pusat ini diadakan di dua tempat, RST dr Soepraoen Kota Malang dan RST Jember, Jawa Timur.

Komandan Korem 083/BDJ Kolonel Inf Bangun Nawoko melihat langsung pelaksanaan kegiatan sosial tersebut di RST dr Soepraoen, Rabu (6/12/2017).

Hingga hari ke-7 kegiatan, sebanyak 462 warga yang sudah menjalani operasi gratis ini. Pihak penyelenggara menargetkan 500 orang akan tercapai pada esok, hari terakhir. Sebanyak 12 dokter spesialis katarak terlibat langsung di kegiatan sosial ini.

Operasi-Katarak.jpg

Bangun mengatakan, ditargetkan sebanyak 1.000 pasien yang dioperasi di dua rumah sakit tersebut. 

"Hari ini sudah 90 persen dari target pasien. Dimungkinkan malah melebihi target 1000 pasien," ujarnya.

Korem 083/BDJ melaksanakan program komando atasan ini sebagai wujud kepedulian terhadap kehidupan sesama. Bangun menegaskan, operasi kesehatan gratis ini merupakan implementasi kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Korem-083-Baladhika-Jaya-2.jpg

"Kami ingin membantu dan meringankan beban masyarakat dari kesulitan," kata dia.

Katarak merupakan penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan. Dari semua kebutaan, lanjutnya, lebih dari 50 persen disebabkan oleh katarak.

Katarak merupakan proses degeneratif yang sangat dipengaruhi oleh faktor usia. Oleh karena itu, risikonya akan terus meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah lanjut usia.

Operasi-Katarak-2.jpg

Danrem 083/BDJ menambahkan, dalam menyukseskan program ini, dia menginstruksikan jajaran Babinsa untuk mencari para calon pasien. Babinsa yang menjalankan tugas sebagai relawan tersebut, telah dibekali pengetahuan terkait penyakit mata sebelumnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com