Jalin Sinergitas, LK UMM Gelar Silaturahmi Budaya

Home / Pendidikan / Jalin Sinergitas, LK UMM Gelar Silaturahmi Budaya
Jalin Sinergitas, LK UMM Gelar Silaturahmi Budaya Redy Eko Prasetyo penggagas Kampung Cempluk (kiri), Dr Daroe Iswatiningsih MSi Kepala Lembaga Kebudayaan UMM (tengah) dan Hengki Herwanto Ketua Museum Musik Indonesia (kiri) dalam gelaran Silaturahmi Budaya. (FOTO: Humas UMM)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Lembaga Kebudayaan (LK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar 'Silaturrahmi Budaya: Mempererat Jejaring Budaya Seni dan Musik di Malang', pada Sabtu (20/1/2017), Berlokasi di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), UMM, Kota Malang, Jawa Timur.

Kegiatan ini bertujuan menjalin sinergitas antara akademisi, masyarakat, dan komunitas di Malang Raya. Silahturahmi budaya ini, mempertemukan para budayawan asal Malang Raya, komunitas seni, mahasiswa serta dosen.

Wakil Rektor I UMM, Prof. Dr. Syamsul Arifin mengatakan budaya di Malang saat ini telah tergerus perkembangan zaman. Hal itu dibuktikan dengan maraknya lahan-lahan hijau yang beralih fungsi menjadi café, ruko, maupun tempat kongkow. 

"Silaturrahmi ini dapat menghasilkan satu perspektif yang bisa dikontribusikan," katanya.

UMM1.humas.jpg

Ia juga menyampaikan bahwa UMM terbuka pada budaya. Sebab, Muhammadiyah sebagai payung dari UMM ini tidak anti budaya, tidak tabu dengan budaya. 

Turut hadir dalam silaturrahmi ini penggagas Kampung Cempluk Malang, Redy Eko Prasetyo. Eko dalam kesempatan ini, memaparkan sejarah berdirinya Kampung Cempluk.

Redy juga mengulas tentang keberadaan masyarakat kampung dan adanya anekdot kampungan di masyarakat. Menurutnya, Kampung adalah suatu hal yang berbeda dan istimewa. 

Kampung dan masyarakat di dalamnya merupakan lumbung sebuah ide. Jika lumbung ide tersebut dikelola dengan baik, maka hasil nyatanya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, contohnya seperti Kampung Budaya Cempluk.

"Itulah, maka kampung harus kita geliatkan secara produktif," ujar Redy.

Selain Redy, hadir pula Kepala LK Dr Daroe Iswatiningsih MSi dan Ketua Museum Musik Indonesia Hengki Herwanto.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com