Jangan Sembarangan Membersihkan Mulut Bayi, Ini Caranya

Home / Gaya Hidup / Jangan Sembarangan Membersihkan Mulut Bayi, Ini Caranya
Jangan Sembarangan Membersihkan Mulut Bayi, Ini Caranya ILUSTRASI. Membersihkan mulut bayi. (FOTO: orami.co.id)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Membersihkan mulut bayi penting dilakukan untuk menjaga agar tetap bersih dan terhindar dari gangguan kesehatan. Jika mulut tidak dibersihkan secara teratur, risiko infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan meningkat. Lalu bagaimana cara membersihkan mulut bayi dengan benar?

Seperti dilansir dari Hello Sehat, sebelum membersihkan mulut bayi, pastikan tangan Anda sendiri sudah bersih. Membersihkan mulut bayi bisa menggunakan kain kasa atau lap bersih yang mudah dibungkus di sekitar jari. Anda juga bisa menggunakan pembersih lidah bayi yaitu kain jari yang dirancang khusus untuk membersihkan mulut bayi.

Bersihkan atau seka bagian mulut, gusi, dan lidah bayi dengan air hangat. Usap secara perlahan dan lembut. Lakukan ini secara rutin dan setelah menyusui.

Selain untuk meningkatkan kesehatan mulut bayi, cara ini juga dapat menghilangkan bakteri penyebab munculnya plak pada gigi yang nantinya tumbuh.

Jika sulit untuk menghilangkan tumpukan dan sisa makanan, maka pembersih gusi diperlukan. Jika pembersih gagal membersihkan penumpukan yang membandel, konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk mendapatkan saran yang tepat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com